Produktivitas, inspiratif dan kreatif merupakan kunci utama yang harus dimiliki mahasiswa dalam menghadapi tantangan global. Tema inilah yang diangkat dalam webinar Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Merdeka (FEB UNMER) Malang pada Rabu (09/09). Dekan FEB UNMER Malang, Dr. Rudi Wahyono, SE., M.Si., menjelaskan, “Penting bagi mahasiswa untuk memiliki perencanaan dalam hidup. Oleh sebab itu, kita dapat menyusun target dan langkah apa saja yang akan kita lakukan untuk mewujudkan target tersebut.”

Narasumber yang mengisi webinar ini adalah alumni prodi Ekonomi Pembangunan UNMER Malang sekaligus Wakil Ketua Astra Group Wilayah 2, Raditya Wicaksono, SE., Direktur Ngalup Co. Andina Paramita dan owner Ayam Nelongso, Nanang Suherman. Dalam paparannya, Raditya menjelaskan perjalanan karirnya dalam dunia kerja. “Ada tiga faktor penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa untuk meningkatkan produktivitas dan profesionalisme yaitu kerja keras, menjalin jaringan yang luas dan kemampuan komunikasi yang bagus,” tegasnya.

Berikutnya, Andina menjelaskan tentang rekam jejak perkembangan start up industri kreatif Ngalup Co. dari tingkat lokal hingga internasional. “Dalam dunia entrepreneur, langkah penting yang harus dimiliki adalah pola pikir kreatif dalam membaca peluang, inovatif, menguasai kemampuan hardskill dan softskill secara berimbang serta sikap ulet dalam berusaha,” tuturnya. Sesi terakhir, Nanang berbagi pengalaman inspiratif dalam merintis usaha kuliner Ayam Nelongso yang memiliki banyak cabang di berbagai kota. “Mahasiswa harus memiliki mindset wirausaha, karena ini membangun mentalitas dan sikap disiplin dalam mewujudkan passion dalam diri kita,” ujarnya.